155 Calon Pelajar Mengikuti Simulasi Ujian Masuk Gontor di 9 Lokasi Kota dan Kabupaten Bogor.

“Man ‘arofa bu’dassafari ista’adda”, barang siapa yang tahu akan melakukan perjalanan yg jauh maka ia harus mempersiapkannya.
Begitulah kira-kira gambaran bagi calon pelajar yang akan mengikuti ujian masuk Gontor.

1 Ramadhan yang bertepatan dengan 13 April adalah waktu pembukaan pendaftaran bagi calon pelajar yang ingin melanjutkan studinya ke Gontor dan bulan syawwal adalah waktu ujian masuk Gontor. Dengan hal itu maka para calon pelajar harus mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian tersebut.

Bimasgo IKPM Bogor dibawah naungan divisi pendidikan dan Pelatihan IKPM Bogor mengadakan try out akbar atau ujian simulasi masuk Gontor guna mengetahui kesiapan para calon pelajar di Bogor yang akan mengikuti ujian masuk Gontor tahun ini. Program ini juga bertujuan untuk mengevaluasi para peserta didik atas bimbingan belajar yg sudah dilaksanakan selama satu tahun ajaran ini. Selain peserta bimbingan belajar, program ini juga dibuka untuk non peserta bimbingan belajar yang akan melanjutkan studinya ke Gontor.


Try Out Akbar ini dilaksanakan 2 hari, sabtu dan ahad, 27-28 Maret 2021 dengan sistem tatap muka sebagaimana ujian masuk Gontor nanti. Karena masih dalam masa pandemi dan untuk menerapkan protokol kesehatan, maka try out dilaksanakan di 9 lokasi di kota dan kabupaten Bogor guna mengurangi kerumunan dan berkumpulnya banyak orang di satu tempat.


Materi yang diujikan diatur sebagaimana materi yang akan diujikan di Gontor kelak, ujian lisan dengan materi membaca Al Quran, tajwid, ibadah Qouliyah, Amaliyah dan hafalan juz amma dengan 2-3 penguji untuk satu peserta. Sedangkan untuk ujian tulis dengan materi berhitung, bahasa indonesia dan Imla.


Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan total peserta try out 155 calon pelajar di kota dan kabupaten Bogor.
Dengan diadakannya try out akbar ini, diharapkan para calon pengajar mendapatkan gambaran bagaimana ujian di Gontor nanti dan tau akan kekurangan dirinya terhadap materi ujian masuk Gontor. Sehingga para calon pelajar sudah siap untuk menghadapi ujian masuk Gontor di bulan syawwal nanti.

Selanjutnya, guna mempersiapkan kader-kader terbaik untuk melanjutkan studi ke Gontor, IKPM Bogor juga akan membuat program bimbingan intensif di salah satu pondok pesantren dengan sistem asrama selama bulan ramadhan.
Semoga ikhtiyar ini adalah yang terbaik dan Bogor memiliki lebih banyak lagi kader-kader yang siap terjun dan memberi banyak manfaat kepada masyarakat khususnya di kota dan kabupaten Bogor.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *