IKPM Gontor

IKPM BOGOR

Informasi dan Berita seputar Ikatan Keluarga Pondok Modern cabang Bogor

Mengungkap Rahasia Alam Jin bersama Alumni PMDG, Ustadz Tono Espandiar

Mengungkap Rahasia Alam Jin bersama Alumni PMDG, Ustadz Tono Espandiar

BOGOR– Divisi Keputrian IKPM Cabang Bogor bersama Komunitas One Day One Juz Kota Bogor kembali menjadi tim support dalam penyelenggaraan kajian keislamaan yang digelar oleh Kajian Islam Center (KIC) dengan mengangkat tema; “Mengungkap Rahasia Alam Jin“ oleh Ustadz Tono Espandiar. Kajian dilakukan secara  daring dengan memanfaatkan media telekonferensi yaitu Zoom dan Youtube, walaupun demikian antusiasme peserta kajian sangat tinggi, karna pembahasan yang disampaikan oleh  pemateri banyak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Ketua Divisi Keputrian IKPM Cabang Bogor, Ustadzah Lia Camelia menegaskan berlanjutnya kerjasama Divisi Keputrian IKPM dengan lembaga Kajian Islam Center (KIC) adalah untuk terus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Alumni Pondok Modern Gontor memiliki sebuah lembaga resmi yang bisa berkerja sama dalam kegiatan dakwah serta  membangun image baik bahwa Alumni Gontor dengan mudah berbaur dan bersinergi dalam hal kebaikan. (05/03)

Narasumber yang didatangkan merupakan seorang ahli pada bidang tersebut. Pemateri mengingatkan peserta kajian bahwa mengkaji alam Ghaib harus dikembalikan pada Al-Quran dan Sunnah, pola pikir peserta diubah dengan koridor yang berlandaskan syariat. Hal ini dilakukan agar pembahasan mengenai alam Ghaib tidak dikaitkan dengan hal-hal supranatural yang dapat menyesatkan aqidah.

Dijelaskan pula bahwa segala yang hidup di dunia ini adalah mahkhluk yang diciptakan Allah SWT. Tidak ada kendali atas mereka melainkan atas izin Allah SWT. Jin dan Manusia sama-sama diciptakan untuk menyembah Allah SWT. Jin diciptakan lebih dulu daripada manusia, kemudian ada pembangkangan yang terjadi ketika Allah SWT memerintahkan Jin untuk sujud kepada Nabi Adam karena sikap sombongnya, karena Jin diciptakan memiliki perasaan seperti manusia. Jin yang membangkang itu dinamakan Iblis yang kemudian meminta kekuatan untuk hidup hingga akhir zaman agar mampu menyesatkan manusia.

Jin terbagi menjadi dua, jin Kafir dan Jin Muslim. Jin Kafir tinggal di tempat yang kotor dan bernajis, dan berkerja menyesatkan umat manusia. Sedangkan Jin Muslim tinggal ditempat yang tidak ditinggali manusia atau tempat yang tidak mengganggu manusia. Kaum jin juga merupakan Makhluk mukallaf, setelah Rasulullah SAW diutus maka kaum jin adalah umatnya Rasulullah, makanya dibebankan atas mereka  syariat. Jin bisa mati tidak seperti iblis yang dibiarkan hidup sampai hari kiamat.

Tidak boleh meyakini bentuk dan nama jin selain yang dijelaskan dalam Alquran dan sunnah. Tidak boleh ada klaim bahwa manusia bisa melihat hal ghaib melainkan dia Nabi dan Rasul. Imam syafii berpendapat bahwa tertolak pendapat bahwa manusia selain Nabi dan Rasul bisa melihat penampakan jin melainkan mereka itu berkerja sama dengan jin itu sendiri.

Dalam sesi tanya jawab, Pemateri kembali mengingatkan “Belajar mengenai hal ghaib harus sesuai dengan apa yang telah dijelaskan dalam Al-Quran dan hadist agar tidak terjadi kemusyrikan yang menyesatkan. Memahami hal ghaib baik jika menambah keimanan kita kepada kebesaran Allah, bukan malah mendatangkan ketakutan yang dapat memudahkan Iblis membisikkan kesesatan, karena rasa takut hanya diperbolehkan kepada Allah SWT (Khasyyah). “ Ujar Ustadz Tono Espandiar.

(Widia Jati Ningrum)

Share Berita ini

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

Program Donasi

Wakaf Produktif

Sedekah Wakaf Produktif Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah Lihat laporan

Kaafilul Yatama

Sedekah Kaafilul Yataama Donasi untuk anak yatim Lihat Laporan keungan

Berita
Lainnya